Cara ternak jangkrik yang efektif

Advertisement
advertisement
Cara ternak jangkrik yang efektif


Jangkrik adalah satu diantara serangga yang kerap jadikan pakan burung, ikan serta reptil. Keinginan bakal jangkrik bersamaan dengan naiknya ketertarikan untuk pelihara burung, ikan serta reptil. Langkah ternak jangkrik cukup gampang dikerjakan baik untuk taraf kecil ataupun besar.

Saat sebelum mengulas perihal langkah ternak jangkrik, sebaiknya kita mengetahui terlebih dulu type serta karakter bintang itu. Nama ilmiah jangkrik Gryllus Sp., termasuk juga dalam keluarga Gryllidae. Menurut catatan ada kian lebih 1000 spesies jangkrik yang hidup di daerah tropis.

Di Indonesia, sekurang-kurangnya telah di kenal 100-an spesies jangkrik. Tetapi belum seluruhnya terpetakan dengan cara komplit. Type spesies yang banyak dipelihara untuk ternak jangkrik komersial yaitu Gryllus mitratus serta Gryllus testaclus. Diluar itu, masih tetap ada jangkrik yang diternakan untuk maksud lain, seperti hoby serta hewan aduan.

Jangkrik adalah hewan herbivora. Di alam bebas serangga itu mengonsumsi daun-daunan muda seperti rerumputan. Dalam lingkungan budidaya, dapat di beri pakan sayuran hijau yang banyak terkandung air seperti sawi, bayam, selada, mentimun serta daun pepaya.

Persiapan kandang 

Langkah pertama untuk mengawali ternak jangkrik yaitu mempersiapkan kandang atau tempat budidaya jangkrik. Kandang untuk ternak jangkrik dapat di buat dari beragam bahan seperti kardus papan atau triplek. Pada kesempatan ini, kami bakal memberi misal pembuatan kandang jangkrik dari kayu serta kasa.

Design kandang untuk ternak jangkrik kotak seperti peti, dapat terbuat dari papan atau tripleks. Tersebut deskripsi kandang jangkrik kotak tunggal.

  • Kotak terbuat dari papan atau tripleks dengan tulang dari kayu kaso/kayu reng. Ukuran panjang 100 cm, lebar 60 cm serta tinggi 30-40 cm. 
  • Pakai lem pada tiap-tiap sambungan serta pojok peti. Fungsinya supaya jangkrik yang baru menetas tak keluar melalui celah sambungan. Ukuran jangkrik baru menetas sangatlah kecil. 
  • Permukaan sisi atas mesti dapat di buka tutup dengan memakai engsel. 
  • Pada segi muka serta belakang di beri lubang ventilasi. Ukuran lubang ventilasi 50 x 7 cm, posisi lubang seputar 10 cm dari atas (saksikan gambar). Ventilasi ditutup dengan kasa kawat ukuran halus supaya jangkrik kecil tak dapat kabur. 
  • Pada segi tepi di beri celah atau cantelan untuk pegangan. Fungsinya untuk mempermudah mengangkat atau menggeser peti. 
  • Pada seputar segi sisi dalam, kurang lebih 10 cm dari atas, berikanlah isolasi plastik. Fungsinya supaya jangkrik tak merayap ke atas. 
  • Gunakan kaki-kaki pada ke empat pojok peti, kurang lebih tingginya 10 cm. Ke empat kaki-kaki itu nanti diletakan pada mangkung yang di isi air atau cairan lain. Fungsinya untuk menghindar hama seperti semut masuk ke kandang. 
Kandang jangkrik dapat juga di buat bersusun, umpamanya tiga susun untuk menghemat tempat serta efisiensi budidaya. Kandang jangkrik baiknya ditempatkan didalam ruang yang gelap, tak terserang cahaya matahari segera.

Terkecuali terlindung dari cahaya matahari segera, ternak jangkrik juga memerlukan ketenangan. Baiknya tentukan ruang yang mempunyai angin cukup, gelap, jauh dari hiruk pikuk serta hilir mudik gerakan manusia

Cara ternak jangkrik yang efektif

Persiapan bibit jangkrik 

Seperti telah di jabarkan pada awal mulanya, bibit untuk ternak jangkrik yang umum diternakan dari type G. miratus serta G. testaclus. Bibit dapat dibeli dari toko pakan yang sediakan pakan hidup. Sesungguhnya type jangkrik lain dapat pula diternakan, terdapat banyak spesies yang memanglah susah atau lambat perkembangbiakkannya. 

Bibit atau indukan ternak jangkrik baiknya didapat dari tangkapan alam. Atau bila susah, sedikitnya bibit jangkrik jantan didapat dari alam. Lantaran umumnya indukan jantan hasil tangkapan alam lebih agresif. 

Tanda-tanda calon indukan jangkrik : 
  • Sungut atau antena masih tetap panjang, semua anggota tubuh masih tetap komplit, dapat melompat jauh serta gesit, tubuh berwarna mengkilap. 
  • Janganlah tentukan jangkrik yang apabila dipegang keluarkan cairan baik dari mulut ataupun duburnya. 
  • Induk jantan keluarkan derikan yang keras. Permukaan sayap atau punggungnya bergelombang serta kasar. 
  • Induk betina ada ovipositor di bagian ekornya, ekornya ada tiga sisi tengah adalah ovipositor. Ukurannya besar. 

Langkah membedakan jangkrik jantan serta betina yang paling gampang yaitu lihat ekornya. Jangkrik jantan cuma mempunyai dua helai ekor sedang betina tampak mempunyai 3 helai ekor. Sesungguhnya ekor sisi tengah yaitu ovipositor. 

Langkah ternak jangkrik 

Keadaan kandang untuk ternak jangkrik mesti memerhatikan tingkat kelembapan serta binatang pengganggu. Kelembapan mesti selalu dikontrol, terlebih waktu musim kemarau, Untuk melindungi kelembapan dapat dikerjakan dengan penyemprotan atau tutup kandang dengan karung goni basah. 
Musuh atau hama ternak jangkrik agak banyak, salah satunya tikus, kecoa, semut serta laba-laba. Diluar itu, jangkrik dapat jadi kanibal apabila ketersediaan makanan dalam kandang tak memenuhi. 

a. Mengawinkan jangkrik 

Tempat untuk mengawinkan jangkrik baiknya terpisah dengan tempat pembesaran anakan. Keadaan kandang untuk mengawinkan baiknya di buat aga serupa dengan habitat jangkrik di alam. Dinding kandang dapat diolesi tanah liat, semen putih dan di beri daun-daun kering, seperti daun jati, daun pisang atau serutan kayu. 

Jangkrik yang bakal dikawinkan mesti datang dari spesies yang sama. Apabila indukan jantan serta betina tidak sama spesies, perkawinan akan tidak berlangsung. Untuk mengawinkan jangkrik input indukan betina serta jantan dengan perbandingan 10 : 2. 

Dalam kandang perkawinan, siapkan bak pasir atau tanah juga sebagai tempat peneluran. Sepanjang masa perkawinan jangkrik jantan bakal keluarkan nada derik terus-terusan. Jangkrik betina yang sudah dibuahi bakal bertelur. Telur umumnya ditempatkan dalam pasir atau tanah. 

Sepanjang masa perkawinan jangkrik mesti memperoleh konsumsi pakan yang cukup. Misal pakannya kubis, sawi, kangkung, bayam, daun pepaya serta type sayuran hijau yang lain. Buang pakan yang tersisa sehari-hari, jangan sempat pakan membusuk didalam kandang. 

Sebagian peternak ada yang memberi ramuan spesial untuk jangkrik yang tengah dikawinkan. Umpamanya, bekatul, tepung ikan, kuning telur bebek yang sudah di rebus serta dihaluskan, serta sebagian vitamin. Tuturnya supaya telur yang dihasilkan dapat banyak serta berkwalitas. Apakah hal itu efisien? belum ada ujinya cuma berdasar pada dari pengalaman sebagian peternak saja. 

b. Menetaskan telur 

Telur jangkrik bakal menetas sesudah 7-10 hari, terhitung mulai sejak perkawinan. Optimal 5 hari sesudah induk betina bertelur (saat sebelum menetas), pisahkan telur-telur itu. Hal semacam ini untuk hindari si induk mengonsumsi telurnya sendiri. 

Pindahkan ke kandang penetasan telur yang juga sekalian pembesaran anakan. Warna telur yang sudah dibuahi bakal beralih dari bening jadi keruh. Sesudah 4-6 hari umumnya telur menetas. 
Pada saat penetasan, kelembapan kandang mesti selalu dijaga dengan penyemprotan air, atau tutup kandang dengan karung goni basah. 

c. Pemberian pakan 

Sesudah telur menetas, langkah setelah itu yaitu memberi pakan. Jangkrik yang baru menetas, berusia 1-10 hari diberikan pakan ayam (voor), yang terbuat dari kacang kedelai, beras merah, serta jagung kering yang dihaluskan. 

Sesudah melalui 10 hari, anakan jangkring dapat diberi makan sayur-sayuran serta jagung muda. Setelah itu pakan dapat ditambahkan singkong, mentimun atau ubi. 

d. Pemeliharaan kandang 

Utama untuk melindungi kandang terus higienis serta bersih, dan terlepas dari masalah hama. Hal-hal lain yang butuh dijaga yaitu keadaan kandang supaya terus lembab serta gelap. Diluar itu terus jagalah supaya makanan cukup ada, lantaran apabila kurang jangkrik bakal kanibal, sama-sama emmangsa diantara mereka. 

Buang pakan yang tersisa sehari-hari, jangan sempat membusuk didalam kandang. Kandang yang baru di buat baiknya dicuci dulu, jangan sempat masih tetap berbau vinil apabila terbuat dari tripleks. Langkahnya, lumuri permukaan kandang dengan lumpur sawah untuk serta dijemur sampai kering. 
Check air yang ada pada mangkok atau kaleng pada kaki-kaki kandang. Lebih atau ubah apabila cairan telah sedikit. Cairan yang dipakai dapat air, minyak tanah, atau type cairan lain yang dapat menghindar hama masuk ke kandang. 

e. Pemanenan 

Ada dua output yang dapat dipanen dari ternak jangkrik, yakni jangkrik dewasa serta telur jangkrik. Telur jangkrik umumnya di jual lebih mahal dari jangkrik tersebut. Telur umumnya di jual pada beberapa peternak jangkrik pembesaran. 
Ternak jangkrik telah dapat dipanen sesudah meraih usia lebih kurang 30 hari. Terhitung mulai sejak telur mulai menetas.
Advertisement
advertisement
Cara ternak jangkrik yang efektif | Nurul Alfi Saadah | 5

0 komentar:

Post a Comment